Europe, jalan, Uncategorized

Transportasi dalam kota di Eropa

Bulan Januari 2020, saya dan suami ngebolang berdua di beberapa kota di Eropa dengan mencoba transportasi umum yaitu di kota Barcelona, Rome, Milan, Firenze ( Florenze) dan Paris.  Venice kita jalan kaki saja, dan naik gondola, tidak mencoba transportasi umum.

Transportasi dalam kota di 3 negara ini hampir sama :

  • ticket berlaku untuk segala transportasi umum, Metro (MRT), Bus, dan juga tram
  • Membeli ticket langganan ( harian, 3 hari, bulanan) jauh lebih murah dari pada membeli sekali jalan

contohnya di Barcelona sekali jalan €2.6, bila kita beli untuk 10 kali perjalanan harganya €10.35, jauh lebih hematkan, begitu juga di Paris sekali jalan €1.9 tapi bila kita beli tiket harian harganya menjadi €7. Jadi pastikan kita sudah mengira-ngira mau berapa tempat kita jalani, berapa kali naik transportasi, dan bisa berhitung mana yang paling hemat untuk perjalanan kita.

TRAM
Naik Tram di Milan

Karena tiket ini berlaku untuk segala moda transportasi, di bis atau tram di dalam kendaraan umum ini tidak ada kondektur yang minta ongkos. ^_^  Yang ada cuma mesin untuk kita masukkan kartu yang kita beli sebelumnya.

Jadi pastikan sebelum naik bis atau tram, kita sudah punya ticket . Walaupun dari pemantauan kita banyak juga yang naik tidak jegrek kartunya ke mesin. Anggap saja mereka kaum duafa di kota Eropa, jadi benar-benar kesadaran sendiri.

Beda dengan kereta Metro ya, ada gate untuk masuk, jadi wajib punya tiket. Tapi tetap ada yang “nempel” penumpang lain di gate. Jadi masuk gratis nyusup penumpang lain. dan di stasiun-stasiun  di beberapa kota kita kunjungi jarang sekali petugas. Benar-benar kesadaran sendiri.

Bus

Beli tiket  selain di stasiun Metro, bisa juga di warung-warung. Kadang kita cuma mau beli sekali jalan naik bis atau tram, dari pada harus cari stasiun Metro turun beli ticket di mesin, nah cari aja warung terdekat bisa beli tiket di situ.

Seperti gambar di samping, di Firenze kita hanya sekali naik bis, sisanya jalan kaki. Beli tiket di warung terdekat dan menunggu bis di halte. Semua informasi halte, stasiun arahnya ke mana cek di google map. Jadi kemungkinan kesasar sangat kecil.  Terima kasih google, jalan-jalan kami jadi mudah dan menyenangkan.  ^__^

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s